Rabu, 09 Mei 2012

JENIS-JENIS AWAN, BENTUK DAN PENJELASAN NYA.


Hoy, hoy hoy… kembali lagee nih sama simkuring alias saya Si Neng Nelah Roswati Euy! Setelah lama saya nggak ngepost lagi info info menarik! Hehe ^_^V . kali ini saya ingin menyampaikan sesuatu yang perlu teman teman ketahui, yaitu “JENIS JENIS AWAN, BENTUK, KETINGGIAN, PENJELASAN NYA JUGA DI SERTAI DENGAN DAMPAK NYA” wah di piker piker kalo misalnya kita lagi camping nih di suatu daerah alam, pasti kita takut kehujanan atau apalah yang terjadi, ow..ow..ow tenang aja teman-teman kita bisa menebak itu semua dengan bentuk awan, tetapi yang perlu di ketahui hanya yang diatas lah yang tau.. hehe. :D
Nah sekarang akan saya post awan awan tersebut ya… kelamaan ngomong nihh! Hehe :
1. AWAN RENDAH
Nahh awan init uh ketinggian nya sekitar kurang dari 3000m di atas permukaan bumi, di bagi menjadi :
    A. AWAN STRATOKUMULUS
Stratokumulus (Sc) ialah awan berwarna kelabu/putih yang terjadi apabila bahagian puncak awan kumulus yang terbentuk pada waktu petang menghampar dibawah songsangan suhu. Awan-awan ini terjadi pada lewat petang dan senja apabila atmosfera mula menjadi stabil. Warna kekuningan muda adalah disebabkan pantulan sinaran suria pada waktu senja. Stratokumulus juga akan boleh terjadi tanpa penghamparan awan kumulus. http://3.bp.blogspot.com/_2Nd4tF5pSEI/S8levPYH8UI/AAAAAAAAAAc/EHjikLigCF8/s400/Awan-Stratokumulus.jpgtau kan sekarang?
B. AWAN NIMBOSTRATUS
Awan Nimbostratus gelap dan mempunyai lapisan-lapisan jelas dan dikenali juga sebagai awan hujan lapisan awan yg keabu-abuan, sering gelap diiringi hujan air atau salju yg terus-menerus dan umumnya sampai ke permukaan tanah, lapisan ini cukup tebal sehingga menutupi matahari.
http://3.bp.blogspot.com/_2Nd4tF5pSEI/S8leJfAOi4I/AAAAAAAAAAU/LALhfKnFgJk/s400/Awan-Stratus.jpgC. AWAN STRATUS
Stratus ialah awan berupa cebisan kain koyak terbentuk dalam udara lembab bergelora pada paras rendah atmosfera selepas hujan. Warna kekuningan muda latar belakang adalah disebabkan oleh pantulan sinaran suria waktu senja oleh sirrostratus yang terjadi selepas aktiviti ribut petir pada waktu petang. Awan Stratus sangat rendah, tebal dan berwarna kelabu.
2. AWAN SEDERHANA TINGGI
Nahh sekarang kita akan membahas tentang awan sederhana tinggi, awan ini tuhh Berada di ketinggian diantara 3000m sampa dengan 6000m, makanya di sebut awan mid high, karena disebut tinggi ga kesampean tapi ga bisa juga disebut rendah, Awan Altokumulus cirinya berkepul kepul, berlapis dan enggak rata, biasanya awan ini menandakan hari yang cerah, kalao awan Altostratus kelihatan lebih padat dan berwarna lebih gelap nampak seperti air.
Check this out.. Br@yy... -
à 4L4y guGz s!ch haha :D
awan altokumulus,awan altostratus,awan cirrus,awan cirrostratus,awan cumulus,awan cumulus nimbus,tanda alam,angin puting beliung,petir,hujan deras,hujan,badaibentuk awan,karakteristik awan,karakter awanA.  AWAN ALTOKUMULUS
  adalah n Geog tipe awan menengah yang terdiri atas gumpalan- gumpalan awan, umumnya relatif tak besar dan agak tipis, sering sekali ujung-ujung gumpalan awan itu bersambung satu dengan yang lain




awan altokumulus,awan altostratus,awan cirrus,awan cirrostratus,awan cumulus,awan cumulus nimbus,tanda alam,angin puting beliung,petir,hujan deras,hujan,badaibentuk awan,karakteristik awan,karakter awan B. AWAN ALTOSTRATUS
             Altostratus(As), awan kekelabuan (bergantung kepada ketebalan) peringkat pertengahan yang menghasilkan hujan apabila cukup tebal. Awan-awan ini terjadi dalam lapisan atmosfera stabil dan boleh menjadi tebal apabila cukup kelembapan dan penyejukan. Hujan berterusan pada waktu senja dan malam selepas aktiviti ribut petir pada lewat petang dan senja adalah disebabkan perkara ini. Awan-awan di atas terbentuk pada waktu senja dan malam hari terdahulu, mula menghilang apabila matahari terbit pada awal pagi. Awan Altostratus lebih padat, berwarna kelabu dan kelihatan seperti air.            

3.AWAN TINGGI
Nahh sebenarnya ga ada penjelasan yang spesifik dengan awan ini teman, yang jelas liat aje dah sendiri, di scroll aje yehhh.. ^.^
A. AWAN CIRRUS
awan altokumulus,awan altostratus,awan cirrus,awan cirrostratus,awan cumulus,awan cumulus nimbus,tanda alam,angin puting beliung,petir,hujan deras,hujan,badaibentuk awan,karakteristik awan,karakter awan Awan cirrus(Ci) ditiupkan angin timuran yang bergelora. Awan ini berwarna putih dengan pinggiran tidak jelas. Awan Sirus kelihatan seperti kapas tipis dan awan ini menunjukkan cuaca agak cerah.

 
B. AWAN SIROKUMULUS
http://1.bp.blogspot.com/_2Nd4tF5pSEI/S8qVXEtAz7I/AAAAAAAAAA8/GwXlEOI_4wU/s400/Awan-Sirokumulus.jpg

awan tipis tanpa bayangan yg berbentuk perca-perca, lembaran, atau lapisan tersusun dl bentuk bola-bola kecil, berkerut berderet-deret memencar atau menuju ke satu titik. Kalo di liat liat ni awan kaya sisik ikan ya? Subhanallahh! J





awan altokumulus,awan altostratus,awan cirrus,awan cirrostratus,awan cumulus,awan cumulus nimbus,tanda alam,angin puting beliung,petir,hujan deras,hujan,badaibentuk awan,karakteristik awan,karakter awan C. AWAN CIRROSTRATUS     
   Awan Cirrostratus adalah awan tipis berbentuk seperti tirai dan menutup sebagian besar langit. Letak awan ini neh, berada di ketinggian diatas 6000 m dari permukaan bumi. Nih awan muncul, berarti menandakan bahwa ujan bakalan dateng dalam 12 jam ke depan. Bayangin kalo temen temen smua berbaring di ini awan? Whahaha gubrak deng!


4. AWAN YANG TINGGI KE ATAS
Wahh, kalo ngomongin soal tinggi ke atas siapa yang gak mau kan? Tapi awas kalo tinggi ke atas nya malah ga kebawah kebawah gimana? Bisa gawat dong? Haha oke kembali ke soal awan, kira kira kata nya sih awan ini ketinggian nya sekitar 6km sampai 9km dari permukaan bumi, saat nya gue bilang wooww haha bisa bisa gempor deng jalan segitu jauh nya, di kelompokan menjadi :
  Pandangan jarak dekat awan Kumulus yang sedang berkembang aktif pada lewat pagi dan awal petang disebabkan pemanasan permukaan tanah dan perolakan. Awan-awan itu kelihatan seperti ‘popcorns’ dengan tepian nyata(clear outline). Warnanya putih pada puncak kerana semua gelombang sinar suria dipantulkan pada kadar yang sama. Warna gelap itu disebabkan oleh penembusan terhad sinar suria dan juga kadar serapan yang bertambah terhadap gelombang selebihnya kerana titisan air besar. Dengan kandungan kelembapan dan penaikan udara mencukupi, awan-awan ini tumbuh tinggi dan     menghasilkan hujan panas. Dalam keadaan ketidakstabilan udara yang mendalam, ribut petir berlaku pada waktu petang atau lewat petang Awan Kumulus terbentuk kelompok-kelompok bulat

Pemandangan jarak jauh deretan awan Kumulonimbus (Cb) . Awan-awan ini tinggi berwarna putih / gelap. Tapaknya terletak pada ketinggian kira-kira 1000 kaki manakala puncaknya boleh mencapai ketinggian melebihi 35000 kaki. Pembentukan deretan awan ini merupakan satu ciri biasa pada awal pagi Monsun Barat Daya. Kedudukan Sel-sel Cb yang begitu rapat menyebabkan awan-awan itu kelihatan bersambung. Warna kuning keemasan itu disebabkan pantulan sinar suria pagi yang sedang terbit di timur. Awan nipis berbentuk topi kelihatan diatas puncak awan Cb menunjukan kewujudan udara stabil mengalir diatas puncak awan itu (Cb). Awan-awan Cb ini kerap bergerak masuk ke pedalaman melalui kawasan pantai pada peringkat akhir Monsun Barat Daya. Apabila ketidakstabilan atmosfera mencapai lebih tinggi, awan-awan ini membawa hujan lebat dan ribut petir kepada kawasan terlibat.
Awan Kumulonimbus berbentuk kelompok-kelompok besar. Kelompok-kelompok yang berwarna putih dan hitam ini mempunyai bentuk dan rupa yang beranekaragam. Awan membawa hujan yang disertai dengan kilat dan petir.



Halah cape juga yahh, udah ngebahas soal awan, sekarang udah tau kan jenis jenis awan dan bentuk nya, ngomongin soal awan pasti teman teman semua waktu pada jadi orok tu, eh maksud nya waktu masih kecil pernah ngebayangin awan itu kapas kan? Haha (itu sih pikiran saya) kayak nya enak tuh jalan jalan di awan kayak si doraemon ame nobita dong! Haha.
Ehh teman, udah dulu ya info nya, nanti di sambung lagi dehh, hatur nuhun alias makasih sudah mengunjungi blog sederhana saya… silahkan meninggal kan komentar, semoga bermanfaat, (kalo ga bisa ninggalin duit, ninggalin komentar aje cukup ko) hehe viss deng bercanda kok.. dadadadadahhh :D



2 komentar: